Cara Menghitung Selisih 2 buah Tanggal di delphi Menggunakan Library Dateutils

Hallo kawan..

Untuk teman-teman yang baru belajar pemograman delphi mungkin agak kesulitan mencari syntax bagaimana sih cara menghitung selisih dari 2 buah Tanggal.

Jangan kawatir teman, karena saya disini akan menjelaskan dan memberitahu syntax menghitung selisih 2 buah Tanggal tersebut.

Pertama-tama, saya akan menjabarkan apa sih yang di hitung dari selisih 2 buah Tanggal,
saya akan jabarkan di antaranya :

- Mencari berapa selisih Tahun antara 2 buah Tanggal,
- Mencari berapa selisih Bulan antara 2 buah Tanggal,
- Mencari berapa selisih Hari antara 2 buah Tanggal,



Oke kita mulai saja,
Pada pemograman Delphi sebenarnya sudah menyediakan library untuk menghitung selisih antara 2 buah tanggal, yaitu nama library nya adalah  Dateutils.
Di dalam library Dateutils ini terdapat function-function untuk memproses kalkulasi dalam tanggal.
dan untuk menghitung berapa selisih Tahun, Bulan Hari,
dalam kasus ini kita menggunakan function :


1. YearsBetween
          YearsBetween adalah Function untuk menghitung selisih Tahun dari 2 buah Tanggal, Dimana Function ini menghasilkan nilai integer ( return integer ), dalam prosesnya perhitungan jumlah tahun function ini menggunakan system 365 hari/tahun,  parameternya adalah sebagai berikut :
YearsBetween(Date Now, Date Then) : integer 
- Date Now adalah Tanggal yang lebih kecil ( dari 2 buah tanggal )
- Date Then adalah Tanggal yang lebih besar ( dari 2 buah tanggal 
Contohnya :
 Saya akan mencari berapa selisih tahun , dari tanggal 10/26/2015 sampai tanggal 12/21/2016, maka jika di terapkan pada function di atas penulisannya adalah sebagai berikut :
YearsBetween(10/26/2015 , 12/21/2016) ; 
Lalu bagaimana menerapkan nya kedalam syntax perhitungan selisih tahun (YearsBetween) di project delphi nya? , dibawah ini saya kasih contoh nya :


2. MonthsBetween
          MonthsBetween adalah Function untuk menghitung selisih Tahun dari 2 buah Tanggal, Dimana Function ini menghasilkan nilai integer ( return integer ), dalam prosesnya perhitungan jumlah tahun function ini menggunakan system 30-31 hari/bulan,  parameternya adalah sebagai berikut :
MonthsBetween(Date Now, Date Then) : integer 
- Date Now adalah Tanggal yang lebih kecil ( dari 2 buah tanggal )
- Date Then adalah Tanggal yang lebih besar ( dari 2 buah tanggal 
Contohnya :
 Saya akan mencari berapa selisih bulan, dari tanggal 10/26/2015 sampai tanggal 12/21/2016, maka jika di terapkan pada function di atas penulisannya adalah sebagai berikut :
MonthsBetween(10/26/2015 , 12/21/2016) ; 
Lalu bagaimana menerapkan nya kedalam syntax perhitungan selisih bulan (MonthsBetween) di project delphi nya? , dibawah ini saya kasih contoh nya :
 

3. DaysBetween

          DaysBetween adalah Function untuk menghitung selisih Tahun dari 2 buah Tanggal, Dimana Function ini menghasilkan nilai integer ( return integer ), dalam prosesnya perhitungan jumlah tahun function ini menggunakan system 1 hari,  parameternya adalah sebagai berikut :
DaysBetween(Date Now, Date Then) : integer 
- Date Now adalah Tanggal yang lebih kecil ( dari 2 buah tanggal )
- Date Then adalah Tanggal yang lebih besar ( dari 2 buah tanggal 
Contohnya :
 Saya akan mencari berapa selisih hari, dari tanggal 10/26/2015 sampai tanggal 12/21/2016, maka jika di terapkan pada function di atas penulisannya adalah sebagai berikut :
DaysBetween(10/26/2015 , 12/21/2016) ; 
Lalu bagaimana menerapkan nya kedalam syntax perhitungan selisih hari (DaysBetween) di project delphi nya? , dibawah ini saya kasih contoh nya :


================================================================

Dari ketiga function tersebut ( YearsBetween, MonthsBetween, DaysBetween )
Kalian bisa menggunakannya dalam syntax project, tapi jangan lupa, selipkan pada USES nya tambahkan Dateutils, contohnya :




Bagaimana teman, sudah jelaskah cara menghitung selisih 2 buah tanggal?,
saya harap dengan artikel saya ini kalian bisa mengerti, jika belum mengerti silahkan tinggalkan komen di bawah. terimakasih.

1 comment:

  1. Berbagi Ilmu Tentang Delphi: Cara Menghitung Selisih 2 Buah Tanggal Di Delphi Menggunakan Library Dateutils >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Berbagi Ilmu Tentang Delphi: Cara Menghitung Selisih 2 Buah Tanggal Di Delphi Menggunakan Library Dateutils >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Berbagi Ilmu Tentang Delphi: Cara Menghitung Selisih 2 Buah Tanggal Di Delphi Menggunakan Library Dateutils >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete